UPGRADE SDM GURU, MATSMAKET GELAR WORKSHOP PERSONAL BRANDING DAN PUBLIKASI ILMIAH

Spread the love
Dr. Sholehuddin memaparkan ada beberapa Personal Branding yang bisa dijalankan oleh setiap SDM (Sumber Daya Manusia),

Sidoarjo, YoKersane, Jum’at, 7 Oktober 2022
“Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang menjadi penentu masa depan sebuah bangsa”. Kutipan tersebut menggugah semangat guru atau pendidik di hari Guru Internasional yang bertepatan pada Rabu, 5 Oktober kemarin.

Gema salawat Nabi yang dilantunkan oleh H. Sholehuddin dengan suara khas Qori’ Nasional yang diikuti oleh lebih dari 40 guru di ruang Multimedia MTs. Ma’arif Ketegan (MATSMAKET) Tanggulangin Sidoarjo (Juma’at, 7/10) berlangsung begitu khidmad. Hal ini menambah rasa syahdu pada hari yang bertepatan dengan Peringatan Hari Besar Islam Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H. sekaligus menjadi pembuka awal kegiatan Workshop Personal Branding & Publikasi Ilmiah yang digelar madrasah ini.

Sebagai refleksi di hari guru Internasional, MTs. Ma’arif Ketegan Tanggulangin Sidoarjo mengadakan workshop. Kali ini madrasah menghadirkan Widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Surabaya itu. M. Ainur Ridlo selalu Kepala Madrasah sekaligus penggagas kegiatan ini sangat mengharapkan para guru dapat membranding dirinya sehingga dapat menunjukkan semua potensi yang dimilikinya. Hal ini sebagai salah satu perkara penting dalam kemampuan mengajar peserta didiknya serta mampu menjadi sosok pendidik yang lebih baik dan semakin profesional dalam menekuni bidang profesinya.

WORKSHOP PERSONAL BRANDING DAN PUBLIKASI ILMIAH

Tema yang cukup menarik bagi para pengajar khususnya bagi kami guru di MTs. Ma’arif Ketegan Tanggulangin Sidoarjo memperoleh informasi dan pengembangan pengetahuan yang bermakna dalam rangka upgrade pengalaman dan kesiapan menghadapi tantangan kegiatan belajar mengajar yang notabenenya sudah memasuki era digital.

Materi Workshop disajikan dan disampaikan menarik serta sedetail mungkin pada kesempatan kali ini. Menggunakan bahasa yang lugas, jelas, disertai guyonan khas sang Narasumber yg memiliki banyak talenta diantaranya beliau dapat menirukan suara & gaya bahasa Kyai Kondang H. Zainuddin MZ saat berdakwah, melantunkan ayat – ayat Al-Quran dengan suara merdu nan indah bagaikan Qori’ Internasional membuat kami peserta Workshop semakin mudah memahami isi materi Personal Branding tersebut.

Kegiatan ini adalah salah satu dari sekian banyak kegiatan yang dilaksanakan di Lembaga Pendidikan MTs Ma’arif Ketegan Tanggulangin Sidoarjo yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi dan keterampilan diri dalam menunjang kegiatan pembelajaran. Hal ini diharapkan agar tercapai tujuan pendidikan yang diinginkan dalam dunia pendidikan saat ini.

Sementara itu Dr. Sholehuddin memaparkan ada beberapa Personal Branding yang bisa dijalankan oleh setiap SDM (Sumber Daya Manusia), khususnya yang ada dilingkungan Madrasah Ma’arif. Diantara cara personal diri adalah
Menjadi diri sendiri prinsip memberi untuk menerima (filosofi barang siapa menabur, maka akan menuai), fokus dengan skill yang dimiliki, kembangkan jaringan di medsos, memegang nilai, prinsip dan kepribadian yang positif, serta konsisten dan mampu menentukan prioritas.

Untuk menjalankan itu semua, guru diharuskan dan dituntut dapat mengelola diri pribadi dengan selalu percaya kepada Tuhan, melakukan kebiasaan – kebiasaan positif, memiliki nilai budaya/ciri khas diri, disiplin tinggi dan memiliki kompetensi di bidangnya.

Sedangkan dalam pemaparan terkait Publikasi Ilmiah, Dr. Sholehuddin mengatakan bahwa jangan takut salah atau minder dalam menulis. “Niatkan menulis untuk menginspirasi banyak orang, karena jika tulisan kira bermakna maka kita akan menabung pahala kebaikan dengan tulisan kita”, pungkasnya.

Peserta WORKSHOP PERSONAL BRANDING DAN PUBLIKASI ILMIAH

Pewarta: Siti Thowilah
Editor : Tim YoKersane

Baca Juga : MATSMAKET: DARI KEPEMIMPINAN PARTISIPATORIS MENUJU MADRASAH UNGGUL BIAYA RINGAN

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *