MANBAUL HIKAM WAKILI DLH JOMBANG

Spread the love

Dalam Pameran Hari Lingkungan Hidup Se- Dunia di Jatim Expo

Stand DLH Jombang Yayasan Mambaul Hikam di Jatim Expo

Sejak Senin (11/9), bertempat di Jatim Expo digelar Jatim Environment Exhibition Forum. Pameran produk ramah lingkungan diikuti Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kab./ Kota se Jawa Timur, perusahaan dan perguruan tinggi. Kegiatan dibuka oleh Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa. Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidupa se- Dunia.

Di antara stand yang menarik perhatian pengunjung adalah Stand DLH Kab. Jombang, pasalnya salah satu peserta dan satu-satunya adalah pondok pesantren Manbaul Hikam Jombang. Pondok pesantren dengan madrasah Al Hikamnya adalah penerima Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional dan Eko Pesantren dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Tentu menarik karena madrasah ini berbasis pesantren.

Hj. Maftuhah Mustiqowati, pengasuh pondok dan aktifis gerakan lingkungan turut serta dalam Jatim Expo

Menurut Hj. Maftuhah Mustiqowati, pengasuh pondok dan aktifis gerakan lingkungan ini mengatakan, Manbaul Hikam ditunjuk oleh DLH Jombang. Karena satu-satunya dari pesantren DLH provinsi juga memberikan perhatian lebih”, ujarnya. Pada hari pertama tampak pengunjung berdialog dengan Ning Ika, sapaan akrab kepala madrasah Al Hikam itu.

Di antara yang dipamerkan adalah, Menspad (pembalut ramah lingkungan), teh tin, parfum dan sabun padat dari buah tin, sabun cair dari minyak jelantah, kursi dari tutup botol yang dipres dan kursi dari ecobrik, gantungan kunci dari bstok kelapa dan vas bungan dari handuk dan kertas bekas. Selain dari Al Hikam ada beberapa produk lain salah satu PKK desa di Jombang, yakni Sapu dari botol minuman. Gubernur sempat mencicipi buah tin produk Manbaul Hikam.

Siti Zubaidah, salah satu pengunjung dari Balai Diklat Keagamaan Surabaya merasa kagum dengan apa yang dilakukan Manbaul Hikam. Wali santri di pondok setempat ingin para santri memiliki gaya hidup ramah lingkungan. “Sebagai wali santri saya ikut bangga”, ujar warga Gresik itu.

Selama pameran ada kegiatan workshop pembuatan produk. Pameran ini berakhir pada Rabu (14/9). Hadir dalam pembukaan, pejabat terkait, Walikota Surabaya, Bupati Gresik, para aktifis lingkungan dan perwakilan pemerintah kabupaten kota se-Jawa Timur.

ketua isnu sidoarjo bersama Hj. Maftuhah Mustiqowati, berada di stand dlh mambaul hikam dalam event Jatim Expo
Piagam penghargaan untuk stand DLH mambaul Hikam
ketua isnu sidoarjo bersama Hj. Maftuhah Mustiqowati, berada di stand dlh mambaul hikam

Baca Juga : UNUSIDA BERIKAN PENCERAHAN MAHASISWA IDEAL

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan