MEDIA ITU BERNAMA “POLISI”

Spread the love

D:\ \foto kemeja putih.jpg

Oleh: Mukhlis Imam Bashori

Guru memiliki segudang tugas yang amat kompleks di lingkungan tepat ia mengajar untuk mencerdaskan dan membentuk karakter mulia para siswanya. Salah satu tugas cukup berat bagi guru atau pendidik adalah membiasakan siswa untuk gemar berliterasi membaca dan menulis. Literasi baca-tulis merupakan kegiatan yang perlu pembiasaan agar para siswa bisa secara terus menerus atau berkala menyukainya. Dari dua kegiatan tersebut siswa dapat mengembangkan berbagai keterampilan yang dibutuhkan dalam setiap kegiatan pembelajaran di kelas. Mata pelajaran apapun pasti mengarahkan siswa untuk selalu berinteraksi dengan kegiatan baca-tulis, terlebih mata pelajaran bahasa Indonesia. Mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang menuntut siswa mampu menguasai beberapa keterampilan dalam berbahasa, di antaranya keterampilan membaca dan menulis dengan baik. Oleh karena itu, guru perlu melakukan pembiasaan kepada siswa agar mau dan mampu untuk menyukai dua kegiatan tersebut.

Tentunya hal tersebut tidaklah mudah. Guru perlu memutar otak untuk membuat siswa menyukai kegiatan baca-tulis dengan berbagai pendekata,strategi, metode maupun media tertentu. Memang ada beberapa siswa yang sedari dini telah terbiasa dengan kegiatan baca-tulis, tetapi ada pula sebagian besar siswayang jarang berinteraksi dengan kegiatan baca-tulis secara intens. Guru perlu mengatur strategi, metode, serta bila perlu menggunakan atau mengimplementasikan media tertentu yang bagus dan menarik untuk merangsang siswa agar gemar atau menyukai kegiatan literasi baca-tulis. Agar tidak mengalami kejumudan dalam kegiatan literasi baca tulis, perlu adanya sebuah media yang menarik yang perlu disiapkan oleh guru. Media tersebut kalau bisa yang mudah diakses oleh siswa di dalam kelas. Berangkat dari kegelisahan akan masalah literasi baca-tulis siswa yang masih cenderung rendah tersebut, saya mempunyai sebuah gagasan untuk membuat media agar siswa antusias dan menyukai kegiatan literasi baca tulis. Media tersebut saya beri nama “POLISI” atau Pojok Literasi Siswa.

Saya Sebut Media itu “POLISI”

Description: E:\POLISI\1.jpg

Baca Juga : Belajar Teks Descriptif di Kelas X

Munculnya ide atau gagasan untuk membuat media Pojok Literasi Siswa (POLISI) ini berawal dari kegelisahan saya sebagai guru pengampu mata pelajaran bahasa Indonesia yang melihat banyak siswa yang saya ampu belum memiliki kebiasaan yang baik atau konsistensi dalam kegiatan membaca dan menulis, khususnya membaca buku-buku sastra dan menulis karya sastra. Dari anasir tersebut, saya mencoba berpikir untuk membuat sebuah media yang mudah atau gampang diakses oleh siswa di dalam kelas sehingga mereka tidak perlu membeli atau meminjam buku karya sastra di perpustakaan untuk bisa mereka nikmati atau baca. Akhirnya saya merancang untuk membuat sebuah pojok baca di dalam kelas. Di pojok baca itu itu, akan saya sediakan buku-buku karya sastra yang dapat dinikmati oleh siswa secara gratis dengan sistem pinjam bergilir. Kebetulan saya memiliki cukup banyak buku karya sastra yang sudah saya koleksi sejak saya duduk di bangku perkuliahan dulu. Buku-buku saya tersebut saya taruh di pojok baca itu agar dapat dibaca oleh siswa.

Selain itu, agar terlihat estetis, saya juga membuatkan rak buku yang dipasang ditembok di pojok kelas untuk menata buku-buku karya sastra. Saya hias sedemikian rupa rak buku di pojok kelas tersebut dengan lampu thumbler yang dapat menyala secara bergantian saat malam hari untuk menambah suasana hangat yang membuat kondusif kegiatan membaca para siswadi kelas, terlebih saat malam hari (karena kelas tersebt juga dipakai pada malam hari untuk kegiatan diniyah malam siswa). Saya sediakan juga beberapa kursi yang unik dan estetis untuk menambah daya tarik bagi siswa yang sewaktu-waktu ingin membacadi pojok kelas tesebut secara santai. Dari situlah, siswa menjadi antusias untuk melaksanakan literasi membaca berbagai buku karya sastra.

Kegiatan membaca dan menulis yang dilakukan oleh siswa tersebut saya pantau secara rutin hampir setiap hari. Untuk memudahkan pemantauan, saya membuat “KARTU BATU” atau Kartu Baca Tulis untuk merekam jejak literasi baca-tulis siswa setiap hari tersebut. Setiap siswa akan mendapatkan sejumlah KARTU BATU untuk mendokumentasikan kegiatan baca tulis mereka. Misalnya siswa A telah membaca sebuah buku karya sastra antologi cerpen tertentu, maka ia wajib untuk mengisi KARTU BATU tersebut dengan sejumlah komponen yang telah saya tentukan, seperti judul buku, nama pengarang, dan intisari dari buku yang telah ia baca. Begitu seterusnya pada siswa-siswayang lainnya. Buku-buku yang saya sediakan tesebut bebas mereka bawa dan mereka baca selama kurang lebih satu bulan. Dengan media tersebut, sungguh antusiasme siswa dalam hal membaca dan menulis mengkat pesat. Siswa yang awalnya enggan atau tidak pernah membaca buku (di luar buku pelajaran tentunya) menjadi gemar membaca. Bahkan, ada beberapa siswa yang dalam satu bulan sebelum kegiatan itu saya laksanaan tidak pernah membaca buku, akhirnya mampu membaca lebih dari 3 buku dalam satu bulan setelah kegiatan yang saya rancang tersebut.

Dari Hal itu, saya menjadi yakin bahwa kegiatan literasi baca tulis siswa dapat ditingkatkan secara terus menerus menggunakan berbagai strategi, metode, dan media yang bagus dan menarik bagi siswa. Guru sangat perlu melakukan pembiasan secara istiqomah kepada para siswa dan perlu ketegasan untuk melaksanakan pembiasaan tersebut. Dari kegiatan rutin literasi baca-tulis yang saya implementasikan kepada siswa, saya merasa puas dengan penggunaan media POLISI, KARTU BATU, dan beberapa strategi/metode penunjang untuk meningkatkan antusisme baca-tulis siswa. Keseriusan guru dan siswa dalam menyikapi kegiatan literasi baca tulis akan sangat berpengaruh pada hasil yang akan diperoleh nantinya. Oleh karena itu, saya melanjutkan kegiatan tersebut atau membuat rencana tindak lanjut dengan merancang sebuah “gong acara” agar siswa merasa semakin tertarik dengan kegiatan literasi baca tulis, yaitu dengan sebuah kegiatan bernama LITERASI AWARD.

GONG ACARA “LITERASI AWARD”

Description: E:\FOTO LITERASI AWARD 1\2.jpg

Saya sebagai guru pengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia yang telah mengimplementasikan sebuah kegiatan dengan media tertentu pada sebuah kelas tertentu merasa semakin tertantang untuk menguji kualitas hasil kegiatan literasi baca-tulis siswa yang telah dilaksanakan dalam jangka waktu kurang lebih satu bulan itu. Berangkat dari hal itu, saya ingin mengadakan sebuah perlombaan menulis sebuah karya sastra untuk para siswa. Saya sampaikan kepada para siswa bahwa saya akan melaksanakan lomba menulis cerita pendek (cerpen). Lomba itu hanya saya khususkan pada siswa satu kelas saja. Para siswa merasa amat tertarik mendengar hal tersebut. Akhirnya saya buat sebuah poster untuk perlombaan tersebut, lalu saya tempelkan postertersebut di samping rak buku Pojok Literasi Siswa (POLISI). Di dalam poster tersebut saya muat beragam informasi berkenaan dengan lomba cipta cerpen yang saya adakan, mulai dari tema, kriteria penulisan, kriteria penilaian, waktu perlombaan, serta penjurian. Akhirnya, pada hari H pelaksanaan lomba cipta cerpen, saya sediakan waktu kurang lebih 2 sampai dengan 3 jam untuk siswa menuangkan gagasan dan imajinasinya dalam bentuk cerita pendek yang bagus dan menarik.

Terkumpullah 21 cerita pendek yang telah siswa buatdengan berbagai karakter dan gaya penceritaan yang menurut saya amat menarik. Cerpen-cerpen tersebut saya baca dengan saksama untuk saya nilai berdasarkan kriteria penilaian yang telah saya tentukan dan beritahukan kepada para siswa sebelumnya.saya merasa amat senang dan puas dengan sebagian besar cerpen yang dibuat oleh para siswa karena cerpen-cerpen tersebut saya anggap memiliki kualitas yang bagus untuk cerpen yang dibuat anak jenjang SMA/MA. Beberapa cerpentersebut terlihat sangat orisinal dalam hal pemilihan tema, pembentukan gaya bahasa dan penceritaan. Di samping itu, cerpen-cerpen yang saya anggap bagus tersebut juga memiliki aluratau plot penceritaan yang menarik dan tidak terduga. Hal tersebut membuat saya semakin senang dan yakin bahwa kemampuan literasi menulis para siswa ternyata sangat bagus.

Akhirnya saya menentukan pemenang yang akan saya umumkan pada kegiatan LITERASI AWARD. Pemenang lomba cipta cerpen akan mendapatkan reward sebagai bentuk peghargaan karena telah berhasil membuat sebuah karya sastra dengan sangat bagus dan fantastis. Selain itu, saya juga memberikan reward atau hadiah kepada para siswa yang telah melaksanakan kegiatan literasi baca dengan jumlah buku terbanyak yang mereka baca. Saya berharap dari hal tersebut siswa akan terus konsisten dalam melaksanakan kegiatan literasi baca-tulis ke depannya. Saya berharap siswa akan mencintai kegiatan membaca dan menulis. Jika sudah demikian, secara tidak sadar mereka akan terstimulus untuk melakukan hal tesebut setiap hari. Saya merasa dengan adanya media, strategi, dan metode tertentu, literasi baca-tulis siswa bisa ditingkatkan secara perlahan. Saya optimis dengan hal itu.

(Mukhlis Imam Bashori, Guru Bahasa Indonesia, Madrasah Aliyah Negeri 4 Jombang)

Baca Juga : GURU SEBAGAI USWAH HASANAH

Mungkin Anda juga menyukai

67 Respon

  1. Avatar Eyyodu berkata:

    best non prescription allergy medication piriton allergy tablets canada skin allergy tablets list

  2. Avatar Jxghqs berkata:

    natural ways to get rid of acid reflux order metformin 500mg pill

  3. Avatar Rfxhwh berkata:

    cost isotretinoin 10mg accutane usa order accutane 10mg

  4. Avatar Fqeewz berkata:

    how to buy amoxil buy amoxil 500mg buy amoxicillin 250mg generic

  5. Avatar Yezkpt berkata:

    sleep aids prescription drugs buy melatonin 3 mg generic

  6. Avatar Bqforp berkata:

    order gabapentin 100mg pills cheap neurontin sale

  7. Avatar Yzpffd berkata:

    azipro 500mg generic order azithromycin sale buy azithromycin 250mg generic

  8. Avatar Gbzjkj berkata:

    prednisolone 5mg tablet generic omnacortil 40mg prednisolone 20mg usa

  9. Avatar Rkzgxu berkata:

    buy generic rybelsus for sale semaglutide tablet buy cheap rybelsus

  10. Avatar Pljcdi berkata:

    buy isotretinoin 10mg online cheap buy absorica online isotretinoin generic

  11. Avatar Ugmsis berkata:

    oral albuterol order ventolin 2mg sale best antihistamine for itchy skin

  12. Avatar Rpfbjy berkata:

    amoxicillin oral amoxicillin 250mg usa amoxicillin 500mg price

  13. Avatar Fniqsp berkata:

    augmentin 625mg oral oral augmentin 1000mg order amoxiclav online cheap

  14. Avatar Kfaart berkata:

    purchase zithromax for sale buy cheap generic zithromax zithromax 500mg over the counter

  15. Avatar Aecixx berkata:

    synthroid generic buy levothyroxine buy levothyroxine for sale

  16. Avatar Iwovwr berkata:

    prednisolone 10mg cost order prednisolone 5mg online cheap brand prednisolone 40mg

  17. Avatar Uklbcw berkata:

    buy generic clomiphene 100mg buy generic clomid for sale cheap serophene

  18. Avatar Wgipvh berkata:

    order neurontin sale cheap gabapentin pill neurontin brand

  19. Avatar Vhmgcp berkata:

    buy lasix no prescription brand furosemide furosemide 100mg pill

  20. Jeśli myślisz o użyciu aplikacji szpiegowskiej na telefon komórkowy, dokonałeś właściwego wyboru.

  21. Avatar Pwqrsj berkata:

    sildenafil 100mg england viagra sildenafil sildenafil women

  22. Avatar Ajwhzl berkata:

    acticlate over the counter order acticlate without prescription purchase vibra-tabs sale

  23. Avatar Btmmzo berkata:

    rybelsus price order rybelsus 14mg generic order rybelsus 14mg without prescription

  24. Avatar Jxzfja berkata:

    online roulette wheel blackjack for money live casino slots online

  25. Avatar Gorkzb berkata:

    vardenafil sale levitra 10mg drug purchase vardenafil generic

  26. Avatar Wyjmzs berkata:

    pregabalin online order buy lyrica 150mg sale buy pregabalin 75mg generic

  27. Avatar Zuxujs berkata:

    buy generic plaquenil plaquenil price buy plaquenil cheap

  28. Avatar Uqfqbz berkata:

    triamcinolone 10mg price triamcinolone order online buy generic aristocort online

  29. Avatar Zvpmom berkata:

    cialis 10mg without prescription cialis 20mg drug cost cialis 10mg

  30. Avatar Osmlzk berkata:

    buy clarinex 5mg for sale clarinex buy online order clarinex 5mg online cheap

  31. Avatar Kozfcb berkata:

    cenforce 50mg ca cenforce 50mg for sale cenforce 100mg for sale

  32. Avatar Ynulbk berkata:

    buy claritin 10mg generic cost loratadine claritin usa

  33. Avatar Dyyxbj berkata:

    aralen 250mg for sale buy chloroquine paypal buy chloroquine 250mg pill

  34. Avatar Wvsvhl berkata:

    order priligy 60mg generic order dapoxetine online misoprostol over the counter

  35. Avatar Aldqln berkata:

    generic glycomet 1000mg buy glycomet generic oral glycomet 500mg

  36. Avatar Mswjwf berkata:

    orlistat ca buy orlistat online cheap order diltiazem pill

  37. Avatar Cpccrk berkata:

    buy amlodipine 10mg generic buy amlodipine 5mg online order amlodipine 10mg pill

  38. Avatar Zoiinn berkata:

    order zovirax 800mg online order allopurinol pill buy generic zyloprim 100mg

  39. Avatar Khuehc berkata:

    rosuvastatin online order order zetia 10mg online ezetimibe medication

  40. Avatar Azwsdc berkata:

    lisinopril where to buy buy lisinopril 2.5mg pill buy lisinopril 10mg online

  41. Avatar dobry sklep berkata:

    Wow, awesome blog format! How long have you been running a blog for?
    you make running a blog glance easy. The overall look of your site is fantastic,
    let alone the content material! You can see similar here sklep internetowy

  42. Avatar prodvizhen_tlsl berkata:

    продвижение веб сайтов http://www.prodvizhenie-sajtov15.ru .

  43. Hello! Do you know if they make any plugins to help with Search Engine Optimization? I’m trying to get my website to
    rank for some targeted keywords but I’m not seeing very
    good gains. If you know of any please share. Kudos!
    You can read similar art here: GSA Verified List

  44. Avatar cost celebrex berkata:

    Meds information for patients. Short-Term Effects.
    celebrex
    All what you want to know about medication. Get here.

  45. This Week’s Most Popular Stories Concerning Porn Star british Porn star

  46. Guide To English Pornstars: The Intermediate Guide In English Pornstars English pornstars

  47. Your Bank Is Stealing Your Cash 개인대출 (https://cse.google.tk/)

  48. Avatar 슬롯사이트 berkata:

    A Analysis Las Vegas Casino Casino Chips 슬롯사이트

  49. Avatar phenq berkata:

    Hey very nice blog!

  50. Avatar hacking berkata:

    I am truly happy to read this blog posts which carries lots
    of helpful information, thanks for providing such information.

  51. Avatar 일수대출 berkata:

    How To Use The Paypal Or Credit Card Wisely? 일수대출

  52. Avatar Xxx Of Pornstar berkata:

    Guide To Xxx Of Pornstar: The Intermediate Guide To Xxx Of Pornstar Xxx Of Pornstar

  53. How Accident Attorney Changed My Life For The Better fatal accidents attorney

  54. Avatar only fans berkata:

    What’s The Current Job Market For Top Pornstar Only
    Fans Professionals Like? only fans

  55. Avatar bulangiul.net berkata:

    10 Facts About Onlyfans Pornstars That Will
    Instantly Put You In A Good Mood porn star (bulangiul.net)

  56. Avatar 소액대출 berkata:

    Reasons Individuals Take A Borrowing Arrangement 소액대출

  57. Avatar Coinsslot.Com berkata:

    How To Optimize Have A Lot Blog Coinsslot – Coinsslot.Com,

  58. Avatar bokep indonesia berkata:

    It’s remarkable for me to have a web site, which is useful in favor of my
    experience. thanks admin

  59. Avatar british pornstar berkata:

    The Ultimate Glossary Of Terms About English Pornstars british pornstar

  60. Someone necessarily help to make seriously posts I would
    state. This is the very first time I frequented your web page
    and thus far? I amazed with the analysis you made
    to create this particular submit extraordinary. Great job!

  61. I do not even know the way I ended up here, but I thought this submit was once good.
    I don’t recognise who you might be however certainly
    you are going to a famous blogger should you are not already.

    Cheers!

  62. My partner and I stumbled over here by a different website and thought I should check things out.
    I like what I see so now i am following you. Look forward to finding out
    about your web page for a second time.

  63. Avatar link bokep enak berkata:

    Oh my goodness! Incredible article dude! Thank you so much, However I am encountering issues with your RSS.
    I don’t understand the reason why I am unable to subscribe to it.
    Is there anybody else getting the same RSS problems?
    Anyone that knows the solution will you kindly respond? Thanx!!

  1. 12/14/2022

    […] Baca Juga : MEDIA ITU BERNAMA “POLISI” […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *