Moderasi Beragama Merawat Indonesia:Refleksi HAB Ke 78 Kementerian Agama

Spread the love

Sholehuddin*

Negara bisa kuat apakah karena tentara yang hebat dan peralatan militer yang canggih semata, mengapa negara bisa hancur, dan bagaimana dengan Indonesia?. Pertanyaan-pertanyaan tersebut jamak terlontar dalam materi Wawasan Kebangsaan. Jika tidak paham ‘maqsudul a’zham’ (tujuan utama) dari materi ini, maka biasanya proses pelatihan (pembelajaran) terjebak pada konsep negara dan bangsa. Padahal, sejatinya materi ini diarahkan pada peran Kementerian Agama dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Lho, apa hubungannya?

Belajar dari sejarah
Di belahan dunia ada beberapa negara yang sebelumnya menyatu (integrasi) kemudian mengalami pemisahan (disintegrasi). Sebut saja Uni Soviet yang kemudian pecah menjadi beberapa negara seperti Rusia dan negara- negara kecil lainnya. Pakistan sebelumnya bagian dari India.

Sejarah juga telah mencatat, Indonesia pernah mengalami dinamika sistem kenegaraan. Misalnya, pernah berbentuk Republik Indonesia Serikat (RIS). Kemudian kembali menjadi negara kesatuan. Fakta lain juga perlu dicatat pernah lepas satu propinsi dari NKRI yakni Timor Timor yang dalam referendum berpisah menjadi Negara Timor Leste.

Fakta sejarah itu menjadi pelajaran penting bagi Indonesia. Negara yang dulunya besar dan kuat bisa hancur mengalami disintegrasi. Bukan karena tentara yang lemah, tapi karena tidak mampu mengelola perbedaan. Krisis ekonomi sejatinya salah satu instrumen selain politik dan faktor lainnya. Pada akhirnya perbedaan suku, ras dan agama yang sering menjadi santapan empuk memporak porandakan keutuhan bangsa.

Meskipun mengalami dinamika politik kebangsaan yang berliku, sampai saat ini NKRI masih terjaga dengan baik. Bagi Indonesia kemajemukan budaya, suku, ras dan agama bukan menjadi penghalang, tetapi sebuah tantangan. Indonesia masih bertahan karena mampu mengelola perbedaan. Sebagai bangsa yang religius, mengelola kebinekaan sangat ampuh menggunakan bahasa agama. Saya sering melontarkan quotes, “membangun negara dengan bahasa agama itu, sebaliknya menghancurkan negara dengan bahasa agama juga mudah”.

Bahasa agama inilah yang mengharuskan Kementerian Agama sebagai representasi negara hadir di tengah umat beragama. Bangsa yang religius sejatinya adalah umat beragama itu sendiri. Maka, tema Hari Amal Bakti ke 78 Kementerian Agama 2024 yaitu “Indonesia Hebat Bersama Umat”, mengukuhkan peran Kemenag dalam hal kemanusiaan, keagamaan dan kebangsaan. Ini juga menjadi jawaban atas pertanyaan, apa peran Kemenag dalam menjaga keutuhan NKRI.

Moderasi Beragama Merawat Indonesia
Penguatan Moderasi Beragama (PMB) saat ini menjadi salah satu program prioritas pemerintah. Bahkan sudah diterbitkan Peraturan Presiden Nomor 58 Tahun 2023 tentang PMB. PMB dimaksudkan dalam rangka menghadapi tiga tantangan Indonesia saat ini, yaitu kemanusiaan, keagamaan dan kebangsaan. Terlebih di tahun politik, rawan terjadinya polarisasi antar kelompok yang berbeda. Artinya, kita tidak boleh menyederhanakan masalah dan juga tidak membesar-besarkan masalah. Segala kemungkinan bisa saja terjadi seperti di Timur Tengah. Mereka bukan karena berbeda agama atau mazhab. Bahkan ada yang satu mazhab dan satu agama dam negara, tetapi masyarakat sulit menemukan kedamaian karena konflik yang dipicu kepentingan politik dan ujungnya mengorbankan nilai kemanusiaan dan kebangsaan.

Berkembangnya semangat beragama yang tidak sejalan dengan kecintaan terhadap NKRI menjadi persoalan serius bagi keutuhan bangsa dan negara. Sampai saat ini meski secara organisasi sudah dibubarkan, masih ada pihak-pihak yang mengkampanyekan sistem negara yang tidak sesuai dengan ideologi Pancasila. Hal ini didasari atas cara pandang yang salah (mental model) terhadap konsep negara dalam agama. Pihak ini memandang hanya sistem khilafah yang bisa menjadi solusi atas persoalan bangsa. Bahkan dengan bangga membuat jargon, “Khilafah solusi segala persoalan”.

Ada beberapa kegagalpahaman atas konsep ini. Pertama, tidak tepatnya ayat “waidz qala Rabbuka lilmalaikati inni ja’ilun fil ardli khalifah” atau masih debatablenya hadis tentang “khilafah ‘ala mihajin-nubuwah” yang sering digunakan para pengusung, ada beberapa fakta sejarah ya g bisa dibuka. Nabi di Madinah mendirikan negara berdasarkan kesepakatan (darul mitsaq) dengan piagam Madinah. Jika belajar dari konteks ini, Indonesia juga sudah menerapkan meski penggunaan diksi berbeda, Pancasila yang juga hasil kesepakatan.

Kedua, dalam sejarah, Khalifah pada masa Khulafaurrasyidin hanya sampai pada pemerintahan Sayyidina Ali. Itupun berbeda-beda dalam penetapan. Abu Bakar dipilih dengan cara pemilihan. Umar ditunjuk langsung (putra mahkota). Usman dipilih oleh tim formatur. Sedangkan Ali dipilih atas desakan kelompok pendukung di tengah kecamuknya kaum muslimin pasca wafatnya Usman. Dan, lebih ironinya bahwa ketiga khalifah wafat karena dibunuh. Fakta sejarah ini tidak dipungkiri sebagai awal-awal tragedi kemanusiaan berlatar politik.

Ketiga, para pemgusung selalu ingin mengembalikan masa kejayaan Islam atau kondisi ideal seperti masa Abbasyiyah dan Umayah, sementara kala itu bukan sistem khilafah tetapi kerajaan (mamlakah). Maka, jangan heran jika ada meme, “Piye, penak jamanku to?”, itu sejatinya dalam pandangan Sindunata menjadi salah satu penyebab hancurnya bangunan agama oleh umat beragamanya, selain taklid buta kepada pemimpinnya dan tujuan atau esensi dikalahkan cara.

Moderasi Beragama (MB) diartikan sebagai cara pandang, sikap, dan praktik beragama dalam kehidupan bersama dengan cara mengejawantahkan esensi ajaran agama yang melindungi martabat kemanuaiaan dan membangun kemaslahatan umum berlandaskan prinsip adil, berimbang, dan menaati konstitusi sebagai kesepakatan berbangsa. Konsep ini dijabarkan menjadi sembilan kata kunci yaitu komimen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan, menghormati tradisi, kemanusiaan, adil, berimbang, kemaslahatan umum, dan taat konstitusi.

Moderasi beragama beragama ini harus dipahami oleh umat beragama sebagai sebuah gerakan, bukan sekadar program. Tugas memahamkan dan mengubah pola pikir ini menjadi tanggung jawab bersama antara Kemenag sebagai leading sector dan stakhokder non Kemenag termasuk kelompok masyarakat (civil society) bersama organisasinya. Indonesia bersyukur ada organisasi kemasyarakatan (ormas) keagamaan seperti Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah dan tentu ormas moderat lain yang dengan setia mengawal NKRI.

Bangsa Indonesia juga sudah memiliki modalitas kultur. Jauh sebelum digaungkan kampung moderasi beragama, moderasi beragama dengan 9 indikatornya sudah diterapkan oleh bangsa Indonesia. Kearifan lokal seperti Gotong Royong, “Rukun Agawe Santoso” di Jawa, “Tri Hita Karana” pada masyarakat Bali, “Satu Tungku Tiga Batu” di Papua, “Martutur” pada Masyarakat Batak, “Tabilk Pun” sapaan khas Lampung dan masih banyak lagi tradisi dan budaya lokal menjadi modal penting dalam gerakan moderasi beragama.

Inilah makna kehebatan Indonesia bersama umat. Maka, gerakan moderasi beragama di bawah komando Kementerian Agama yang melibatkan umat beragama sebagai subyek utama, sejatinya dalam rangka merawat Indonesia. Selamat HAB ke-78 Kementerian Agama Republik Indonesia, 3 Januari 2024, “Indonesia Hebat Bersama Umat”.

*Dr. H. Sholehuddin, M.Pd.I adalah Widyaiswara Ahli Madya Balai Diklat Keagamaan Surabaya dan Instruktur Nasional Penguatan Moderasi Beragama.

Mungkin Anda juga menyukai

69 Respon

  1. Avatar Hysoie berkata:

    allergy medications for itching skin allegra side effects generic name for allergy pills

  2. Avatar Vnivar berkata:

    drugs for chemo induced nausea buy generic zyloprim 300mg

  3. Avatar Qtktrc berkata:

    buy generic isotretinoin 20mg oral accutane oral accutane 10mg

  4. Avatar Nrisae berkata:

    buying sleeping tablets on internet order meloset 3mg without prescription

  5. Avatar Vpnfpk berkata:

    amoxicillin 500mg for sale amoxil 500mg cost order amoxicillin 500mg without prescription

  6. Avatar Tqrirk berkata:

    azithromycin generic zithromax 500mg price zithromax canada

  7. Avatar Togdmi berkata:

    order azipro 500mg online cheap purchase azithromycin generic order azithromycin 250mg without prescription

  8. Avatar Cdfxvr berkata:

    order lasix 40mg without prescription order generic furosemide 100mg

  9. Avatar Fywasl berkata:

    prednisolone 5mg sale order omnacortil 10mg online prednisolone 20mg sale

  10. Avatar Rjgmdj berkata:

    order isotretinoin 20mg pill buy generic accutane for sale order absorica generic

  11. Avatar Hpikhp berkata:

    purchase ventolin inhalator without prescription order albuterol 2mg pills cost albuterol

  12. Avatar Zlawgg berkata:

    order amoxicillin 500mg sale order amoxil online cheap buy amoxicillin 250mg generic

  13. Avatar Padpte berkata:

    buy amoxiclav generic augmentin for sale order amoxiclav for sale

  14. Avatar Nxzvfx berkata:

    buy azithromycin 500mg without prescription buy zithromax online cheap order azithromycin online

  15. Avatar Hopbsj berkata:

    order synthroid 100mcg levoxyl cost synthroid order

  16. Avatar Iohayf berkata:

    buy prednisolone 40mg generic buy omnacortil generic cheap omnacortil generic

  17. Avatar Snvouq berkata:

    clomiphene over the counter order clomid 50mg online brand clomid 50mg

  18. Avatar Jfjdzx berkata:

    order neurontin generic neurontin over the counter order gabapentin 800mg generic

  19. urveillez votre téléphone de n’importe où et voyez ce qui se passe sur le téléphone cible. Vous serez en mesure de surveiller et de stocker des journaux d’appels, des messages, des activités sociales, des images, des vidéos, WhatsApp et plus. Surveillance en temps réel des téléphones, aucune connaissance technique n’est requise, aucune racine n’est requise.

  20. Avatar Tplskt berkata:

    cheap lasix furosemide 40mg over the counter buy furosemide paypal

  21. Avatar Njlnov berkata:

    sildenafil cheap sildenafil 100mg oral buy viagra 100mg for sale

  22. Avatar Lwuymm berkata:

    buy doxycycline acticlate order acticlate uk

  23. Avatar Yvedsw berkata:

    generic rybelsus 14 mg buy rybelsus without a prescription buy cheap semaglutide

  24. Avatar Porn berkata:

    เว็บไซต์ดูหนังโป๊ออนไลน์ยอดนิยมสามารถรับชมผ่านมือถือและคอมพิวเตอร์ได้หนังโป๊หนัง18+คลิปโป๊จากทั่วทุกมุมโลกมีทั้งหนังโป๊ไทยXXXPORNหนังเอวีJAVหนังโป๊เกาหลีหนังโป๊แนวซาดิสส์หีสวยๆเนียนๆและหมวดหนังเกย์คัดสรรแต่หนังโป๊ใหม่ๆและอัพเดทในทุกๆวันพร้อมคุณภาพความชัดและความเด็ดคัดโดยนักโพสที่มีความเงี่ยนและมืออาชีพขอบคุณและโปรดอย่าพลาดที่จะรับชมหนังโป๊ของเรารับเปิดเว็บพนันรวมค่ายเกมชื่อดังไว้ให้คุณ SAGaming,PGSLOT และอื่นๆอีกมากมายคาสิโนออนไลน์ฝากถอนไม่มีขั้นต่ำรองรับวอลเล็ทปลอดภัย100%คาสิโนออนไลน์ฝากถอนไม่มีขั้นต่ำเว็บตรงรองรับวอลเล็ทเล่นผ่านมือถือระบบออโต้100%สมาชิกง่ายไม่มีขั้นต่ำรวมเกมคาสิโนยอดนิยมมาตรฐานระดับสากลความปลอดภัยอันดับ1ผู้ให้คาสิโนเว็บตรงทำรายการฝากถอนได้อย่างสะดวกรวดเร็วทันใจรองรับการทำรายการกับธนาคารได้ครอบคลุมทุกสถาบันและยังรองรับการให้บริการแก่นักเดิมพันผ่านทางTrueMoneyWalletคาสิโนที่ดีทีสุด2024ทุกช่องทางที่เราเปิดให้บริการแก่นักลงทุนทุกท่านนั้นมีความสะดวกรวดเร็วในด้านการให้บริการในระดับสูงและยังกล้าการันตีความปลอดภัยในด้านการให้บริการเต็มร้อยคาสิโนออนไลน์นอกเหนือจากการเปิดให้บริการแบบไม่มีขั้นต่ำแล้วนั้นเว็บคาสิโนเรายังจัดเตรียมสิทธิประโยชน์และศูนย์รวมเว็บพนันออนไลน์ค่ายใหญ่ครองใจนักเดิมพันอย่างต่อเนื่องรับเปิดเว็บพนันออนไลน์ออกแบบเว็บไซต์คาสิโนออนไลน์ทุกรูปแบบพร้อมเชื่อมต่อค่ายเกมส์ดังด้วยAPIโดยตรงกับทางผู้ให้บริการเกมส์พร้อมเกมส์เดิมพันมากมายอาทิเว็บสล็อตเว็บเดิมพันกีฬาเว็บเดิมพนันE-Sportสามารถออกแบบเว็บพนันได้ตามสั่งลงตัวพร้อมระบบออโต้ฟังก์ชั่นล้ำสมัยใช้งานง่ายรวมผู้ให้บริการชั้นนำและค่ายเกมที่นิยมจากทั่วโลกพร้อมระบบจัดการหลังบ้านอัจฉริยะและทีมงานคอยซัพพอร์ทพร้อมให้บริการคุณตลอด24ชั่วโมง

  25. WordPress คือระบบจัดการเนื้อหา (CMS) แบบ Open-source ที่ได้รับ ความนิยมมากที่สุดในโลก สามารถใช้เพื่อสร้างเว็บไซต์ทุกประเภท เป็นระบบ ที่ใช้งานง่ายและปรับแต่งได้สูงมี Theme และ Plugins มากมายให้เลือกใช้

  26. Avatar bloggii berkata:

    greate post i love very goood..

  27. Avatar Yejbvs berkata:

    blackjack card game free spins no deposit us blackjack free

  28. Avatar Fdydhs berkata:

    oral vardenafil 20mg buy vardenafil 10mg for sale levitra tablet

  29. Avatar Opnyru berkata:

    buy pregabalin 150mg sale lyrica oral lyrica 75mg brand

  30. Avatar Jzgdhs berkata:

    hydroxychloroquine medication buy plaquenil for sale brand hydroxychloroquine

  31. รับทำเว็บ wordpress รับทำเว็บ wordpress รับทำเว็บ wordpress รับทำเว็บ wordpress รับทำเว็บ wordpress รับทำเว็บ wordpress รับทำเว็บ wordpress รับทำเว็บ wordpress

  32. Avatar Tvawjp berkata:

    aristocort 10mg ca buy triamcinolone 4mg pill aristocort 4mg uk

  33. Avatar Lcbboe berkata:

    tadalafil usa order cialis 5mg sale order tadalafil 40mg pills

  34. Avatar Utnnhl berkata:

    purchase clarinex for sale cost clarinex order clarinex online

  35. Avatar Mrcayd berkata:

    order cenforce pills how to get cenforce without a prescription cenforce 50mg brand

  36. Avatar Heaymi berkata:

    order claritin buy generic loratadine for sale order claritin without prescription

  37. Avatar Wffuki berkata:

    chloroquine 250mg canada brand aralen 250mg oral chloroquine 250mg

  38. Avatar Hgnkec berkata:

    dapoxetine us misoprostol tablet buy misoprostol tablets

  39. Avatar Qdpouf berkata:

    buy glycomet sale metformin oral buy glucophage pill

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *